01 August 2009

Sentuhan Layanan Baru KA Argo Gede


Untuk memenuhi selera konsumen PT.Kereta Api (Persero) senantiasa terus berupaya melakukan peningkatkan pelayanan, mulai dari pra perjalanan di stasiun pemberangkatan, selama di atas KA hingga tiba di stasiun tujuan. Layanan baru bagi para penumpang KA Argo Gede Jakarta-Bandung atau sebaliknya merupakan salah satu upaya PT.KA untuk selalu care terhadap keinginan pelanggan.

KA Argo Gede berjalan secara reguler dengan 12 KA per hari, masing-masing 6 perjalanan dari Bandung-Gambir dan sebaliknya. Jadwal dari Jakarta pk. 06.10, 09.10, 11.30, 14.30, 17.45 dan 19.30, sedangkan dari Bandung pk. 06.00, 07.35, 10.30,14.30, 16.15 dan 18.30. Khusus setiap hari Senin ada tambahan KA pk. 10.20 dari Gambir dan pk.07.05 dari Bandung. Adapun setiap hari Minggu ditambahkan KA pk.12.30 dari Gambir dan pk.09.15 dari Bandung, untuk menampung jumlah penumpang yang biasanya meningkat pada akhir pekan.Rata-rata setiap rangkaian KA Argo Gede membawa 4 kereta dengan tarif berkisar antara Rp.50.000,- sd Rp.60.000,- disesuaikan harinya.

Perubahan pelayanan KA Argo Gede sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 1 Juli 2009 yang lalu, mulai dari tingkat kenyamanan, kebersihan kereta, tambahan fasilitas seperti bacaan untuk penumpang, tambahan variasi menu restorasi, aneka oleh2 khas Bandung hingga fasilitas karaoke di kereta makan. Dalam upaya menjaga tingkat kebersihan, telah disediakan 1 orang tenaga OTC (On Trip Cleaning) setiap kereta dan 1 orang Pramugari per kereta untuk melayani kebutuhan penumpang. Bagi para penumpang yang membutuhkan charger HP disediakan alat tersebut (Nokia dan Black Berry) di kereta makan.Tambahan menu baru antara lain nasi timbel, nasi tutug oncom, nasi rawon, steak ayam dan aneka juice dan lain-lain.

Sedangkan untuk melayani keluhan atau saran bagi para penumpang KA Argo Gede disediakan petugas Manager On Duty, yang dilengkapi dengan HP yang dapat dihubungi selama perjalanan. (Nama dan nomor HP setiap Manager On Duty dapat dilihat di tiap-tiap rangkaian KA)

Kemudahan penumpang dalam mencari angkutan lanjutan atau intermoda juga telah dipersiapkan. Di stasiun kedatangan Gambir, para penumpang Argo gede dapat menggunakan transportasi lanjutan berupa KRL ( Kereta Api Listrik ) dengan menunjukkan tiket KA Argo Gede saat menggunakan KRL, atau mendapatkan secara cuma-cuma tiket Bus Transportasi Jakarta (Busway) dengan menukarkan tiket Argo Gede dengan tiket Bus Transportasi Jakarta di Kantor Wakil Kepala Stasiun / TU Gambir.

Sedangkan di stasiun kedatangan Bandung, para penumpang yang akan meneruskan perjalanan disediakan counter-counter penyewaan kendaraan untuk tour, penyewaan harian/ per jam . maupun untuk menuju lokasi tertentu (drop in) dengan tarif resmi. Peningkatan layanan ini secara bertahap dan berkesinambungan akan diberlakukan untuk seluruh KA kelas Argo dan kelas Eksekutif lainnya.

sumber: www.kereta-api.com


1 comment:

  1. Saya sangat senang karena upaya PT.KAI dalam mengembangkan pelayanan sarana transportasi perkeretaapian tetap mengedepankan aspek kenyamanan dan keselamatan para penumpangnya.

    ReplyDelete