19 November 2009

Yogyakarta, Tujuan Wisata Terbaik


Jakarta, Kompas - Kota Yogyakarta meraih Indonesia Tourism Award 2009 sebagai kota tujuan wisata terbaik. ”Kota Gudeg” ini terpilih berdasarkan survei dengan indeks kepuasan responden sebesar 90,96 dan parameter konsumen untuk merekomendasikan kepada masyarakat atau net promoter score (NPS) sebesar 97,8.

Sembilan kota terbaik tujuan wisata lainnya adalah Denpasar, Malang, Surabaya, Tana Toraja, Manado, Kutai Kertanegara, Badung (Bali), Solo, dan Lombok Barat. Namun, tidak semua peraih penghargaan hadir dalam ITA Award 2009 itu, Jumat (13/11) malam di Jakarta.

Penghargaan pertama kali yang diberikan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) ini atas kerja sama dengan Majalah SWA. ITA yang sepenuhnya dinilai berdasarkan hasil survei dimaksudkan untuk menggairahkan dan mendorong industri pariwisata di Indonesia.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menyoroti ketidakhadiran peraih penghargaan. ITA Award memang baru pertama kali diadakan, tetapi langkah ini akan menjadi sejarah pada masa depan.

ITA Award juga memberikan penghargaan khusus (Tourism Special Award) kepada Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Manggarai Barat, Kota Jember, Kota Purbalingga, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki keunggulan dan keunikan pariwisata. (OSA)

Sumber:
Koran Kompas

Share/Bookmark

Yogyakarta Promotion Video from KBRI Tokyo, Japan


No comments:

Post a Comment