13 November 2009

Garuda Terbangi Eropa Angin Segar Pariwisata Bali


Garuda Indonesia siap terbang kembali ke wilayah Eropa dengan segala persiapan yang matang. Berita ini, membawa angin segar bagi dunia pariwisata Bali.

"Dengan pencabutan larangan oleh Uni Eropa bagi beberapa perusahaan penerbangan Indonesia termasuk Garuda, turis Eropa sudah meningkat signifikan ke Bali," kata Pengamat Pariwisata Bali Tjokorda Gde Agung di Denpasar, Jumat (14/11).

Yang lebih menggembirakan lagi adanya Maskapai penerbangan Air France dari Prancis, yang bekerja sama dengan KLM dari Belanda akan melakukan penerbangan langsung dari Amsterdam menuju Denpasar via Singapura.

Penerbangan perdana akan dibuka mulai 7 Desember 2009 dan alasan pembukaan jalur langsung dari Eropa ke Denpasar, karena animo wisatawan Eropa khususnya Belanda untuk mengunjungi Bali semakin meningkat. Sedangkan Garuda Indonesia sendiri, akan mulai melayani penerbangan ke Eropa khususnya ke Amsterdam pada Juni 2010. "Ini artinya dunia pariwisata Bali akan semakin cerah di tahun-tahun mendatang," kata Agung.

Dari 56 negara di kawasan Eropa yang tercatat datang berlibur ke Bali, ada delapan negara jumlah kunjungannya menunjukkan angka dua digit, dan tiga negara masuk sepuluh besar pensuplai turis ke Bali. Turis Eropa yang berlibur ke Bali, ada tendensi peningkatan belakangan ini dari 46.124 orang selama Juni naik menjadi 67.815 orang selama Agustus 2009 dan September 61.277 orang.

Dengan demikian, turis Eropa yang terbang langsung ke Bali mengalami kenaikan signifikan mencapai 445.145 wisatawan selama Januari-September 2009, atau memiliki andil 26,6 persen dari seluruh turis asing ke Bali sebanyak 1,6 juta orang.

Agung menyebutkan, ada delapan negara Eropa pemasok wisatawan ke Bali di atas sepuluh ribu orang yakni Perancis terbanyak, yakni 85.802 orang selama Januari-September 2009, menyusul Inggris 68.468 orang dan Jerman 58.421 orang.

Dengan semakin banyak turis Eropa ke Bali, maka perlu diimbangi dengan promosi yang lebih gencar disamping adanya upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada setiap wisatawan yang berlibur ke pulau Dewata, katanya.

(Ant)

Sumber:
TV One


Share/Bookmark

1 comment:

  1. Ciptakan Indonesia yang aman agar para turis asing mau berkunjung ke indonesia.. kalo banyak teroris laah..pada kabur..turis nya...

    ReplyDelete