05 September 2008

Pengalaman pertama pekerjaan Baru


Tak terasa hari ini adalah hari ke 4 setelah resmi bekerja di perusaahaan yang baru. Padahal rasanya baru kemarin sore saya memutuskan untuk mencoba melamar pekerjaan di tempat ini, tentunya sebelum memutuskan juga sudah dengan berbagai pertimbangan. Dan baru kemarin malam saya mengirimkan email yang berisi surat pengunduran diri saya di perusahaan dimana sebelumnya saya bekerja. Karena memang tidak sempat mengirimkan surat pengundurannya sendiri, maka saya titipkan kepada teman melaui email untuk disampaikan kepada atasan saya di perusahaan tersebut.

Berbagai rasa berkecamuk di hati ini, ketika mulai menulis surat pengunduran diri tersebut. Ada rasa kehilangan meninggalkan tempat kerja pada perusahaan lama, rasa kehilangan teman-teman sekerja, serta juga teringat berbagai suka dan duka ketika masih bekerja di perusahaan yang lama ini. Dan sedikit perasaan bersalah karena masih ada beberapa pekerjaan yang kemarin belum sempat terselesaikan.

Singkatnya email tersebut akhirnya saya kirimkan, dan mudah-mudahan teman-teman yang saya titipkan surat tersebut memberikannya kepada atasan saya. (Thanks to Beni & Apri)

Pengalaman Baruku

Di kesempatan ini saya akan menceritakan beberapa pengalaman baru yang telah saya dapat dalam beberapa hari ini.

Pengalaman ini dimulai sejak hari senin (1 Sept) yang lalu, dimana saya baru datang untuk mengajukan lamaran kerja dan ternyata pada hari itu juga langsung diadakan tes tertulis yang banyak berhubungan dengan pekerjaan yang ada pada perusahaan ini. Ada beberapa pertanyaan yang memang tidak saya jawab karena saya memang belum banyak mengetahuinya. Dari beberapa pertanyaan yang saya jawab menurut saya adalah pertanyaan yang masih bersifat umum, walaupun sudah berbau teknis pekerjaannya.

Sambil menunggu hasil tes tadi, ternyata pihak perusahaan langsung memberikan materi training pertama kepada para calon pekerja baru yang bersifat sebagai pengenalan perusahaan atau company profilenya.

Hari Selasa (2 Sept) pagi saya kembali lagi ke perusahaan tersebut untuk mengetahui hasil tes kemarin, ternyata pada hari itu ada dari beberapa pelamar yang kemarin ikut tidak lulus tes dan belum diterima bekerja. Saya dipanggil untuk menandatangani kontrak yang diberikan. Setelah saya baca dengan seksama isi dari kontraknya (walaupun ada beberapa kalimat yang tidak saya pahami karena in english) akhirnya saya menandatangani surat tersebut.

Setelah penandatanganan surat kontrak, maka saya langsung di instruksikan untuk mengikuti materi training hari pertama yaitu tentang beberapa hal diantaranya adalah:

  • Site Hunting
  • RF Survey
  • Feasibility Survey
  • Site Investigation Survey
+ Site Hunting / SITAC ( Site Acquisition) adalah pencarian lokasi yang tepat dan layak untuk dijadikan tower BTS (Base Transceiver Station). Pencarian lokasi adalah merupakan survey awal sebelum survey lain dilakukan, survey ini untuk mendapatkan lokasi yang terdekat dengan nominal koordinat yang ada dalam desain jaringan (Nominal RF Network and Transmision Network Design). Hasilnya adalah daftar dari beberapa align="justify"apa lokasi yang sesuai dengan lokasi untuk penempatan BTS / BSC, Transmision Network and RF Network, dalam laporan site survey hunting ini mancakup antara lain : Posisi lokasi di peta, Situasi tempat lingkungan di mana site tersebut berada, alamat, pemilik lahan, koordinat GPS, foto-foto lokasi dan foto panorama 360 derajat. Semua bentuk laporan ini disesuaikan dengan standar atau format dari Operator atau pemilik proyek.


+ RF Survey adalah
mencari dan melihat Nominal RF Network and Transmision Network Design.

+ Survey Transmisi (Line of Sight Survey)
Survey transmission dilakukan untuk menghindari penghalang dari sebuah lintasan sinyal transmisi microwave dan menentukan apakah transmisi yang digunakan sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh customer. Laporan Survey mencakup: Alamat Lokasi disertai dengan koordinat GPS, Peta Lokasi dan situasi lapangan, Data Transmisi Existing dilokasi yang sudah ada, Tipe Transmisi, Frekuensi, Konfigurasi dan kapasitas transimisi, Path profile Line Of Sight(LOS), Dan pathloss calculationnya. Penempatan perangkat transmisi yang diusulkan, kesiapan lokasi meliputi: ruang untuk perangkat, tower, power supply dan cadangan power supply, perkiraan waktu untuk implementasi, foto panorama 360 derajat. Keseluruhan data-data untuk transmisi tersebut dipakai untuk membuat design perencanaan jaringan transmisi yang meliputi perencanaan perangkat yang dipakai, frekuensi yang akan digunakan, konfigurasi perangkat, serta jumlah kapasitas yang akan dipasang.

Pada SIS (Site Investigation Survey) faktor-faktor tadi diatas adalah yang harus diperhatikan dan dipenuhi. Untuk membuat New Site (Site Baru/BTS Baru) idealnya memiliki tigal hasil SIS ini.

New Site biasanya digunakan sebagai penambahan New Coverage Area, Split Cell dan lainnya.

Training Kedua

Pada hari Kamis ini (4 Sept) adalah materi training kedua yang saya dapatkan sebelum memulai pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan ini. Pada training ini diberikan materi berupa pengenalan alat Navigasi GPS (Global Positioning System) berikut cara menggunakannya, tentunya yang akan berkaitan dengan pekerjaan nantinya.

Setelah pengenalan alat GPS ini maka kami langsung mencoba untuk mempraktekan menggunakan alat tersebut, seperti menggunakannya sebagai penanda suatu tempat (Marking), Mencatat rute perjalanan (Route Tracking), tes mencari titik koordinat yang sudah ada atau sudah ditentukan serta pembacaan data tersebut melalui sebuah notebook komputer agar lebih jelas terlihat datanya.

Kemudian setelah materi tentang GPS selesai langsung dilanjutkan ke materi berikutnya yaitu menggambar dengan menggunakan aplikasi Autocad. Pada kesempatan ini saya agak bingung karena sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi ini, hanya sekedar tau dan kenal saja.

Hingga sore menjelang materi saya ikuti dan beberapa kali mencoba menggambar sebuah site dengan kelengkapannya dengan beberapa kali mengalami kesalahan dan lumayan banyak bertanya kepada instruktur ataupun kepada teman disebelah saya.

Akhirnya pada hari ini
juga materi ini selesai seiring jam orang pulang kantor, yaitu jam 5 sore. Sambil menunggu Adzan Magrib tanda berbuka puasa saya mulai melangkahkan kaki untuk pulang dan menanti serta mengira-ngira apa materi selanjutnya yang akan saya pelajari dan saya terima dikeesokan harinya yaitu hari Jumat.

Besok akan saya ceritakan kembali lanjutan pengalaman trainingnya, karena mata ini sudah mulai mengantuk dan memang lanjutannya belum ada.

No comments:

Post a Comment