07 September 2008

Peneliti Inggris Eksplorasi Palung Laut Terdalam di Dunia



SOUTHAMPTON - Para peneliti di National Oceanography Center, Southampton, Inggris, akan mengeksplorasi kawasan bawah laut terdalam di dunia untuk mengungkap kehidupan bawah laut Karibia.

Sciencedaily, Senin (1/8/2009) melaporkan, tim yang dipimpin Dr Jon Copley mendapat dana sebesar 462.000 euro dari Natural Environment Research Council untuk mengeksplorasi Palung Cayman, yang membentang di antara Jamaika dan Kepulauan Cayman.

Palung Cayman memiliki kedalaman lebih dari 5.000 m di bawah laut, dan merupakan kawasan gunung api bawah laut. Penelitian itu direncanakan memakan waktu hingga tiga tahun ke depan, menggunakan kapal penelitian terbaru milik Inggris, RRS James Cook, dan robot selam Inggris, Autosub6000.

"Palung Cayman merupakan salah satu bagian 'lost world' dan akan memberikan kita semua informasi tentang kehidupan bawah laut," ujar Copley.

Menurut Copley, tim itu akan meneliti beberapa bagian, seperti struktur geologi, dan menemukan spesies baru di laut, karena palung itu memiliki sejarah yang panjang dalam proses pembentukan daerah di selatan dan utara benua Amerika.

"Palung laut itu memiliki ekosistem terbesar di Bumi, sehingga kita wajib untuk memahami pola kehidupan spesies bawah laut di sana," ujar Copley.

Penelitian itu diharapkan juga dapat memberikan penemuan baru bagi dunia pengobatan khususnya pembuatan obat-obatan dari tumbuhan dan binatang laut untuk mencegah ancaman kanker. (jri)

Sumber:
http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/09/01/56/141723/56/peneliti-inggris-eksplorasi-palung-laut-terdalam-di-dunia

No comments:

Post a Comment