28 June 2009

Kontroversi Lagu Give Thanks To Allah


Minggu ini dunia cukup dikejutkan oleh meninggalnya salah satu penyanyi terkenal dari Amerika, yaitu Michael Jackson. Hampir seluruh media memberitakan tentang kematiannya, baik itu media yang paling cepat penyebarannya seperti internet yang kita gunakan ini, lalu televisi, radio, dan bahkan surat-surat kabar di negeri ini memberitakannya pula walaupun sudah agak telat atau kurang up to date kalau menurut kita (mungkin) yang sering stay tune di depan komputer yang memiliki koneksi internet.

Berbagai sisi kehidupan dan cerita dari Michael Jackson atau biasa dipanggil Jacko diberitakan media, mulai dari kabar terakhir kematiannya atau kronologisnya hingga berita-berita seputar kehidupan pribadi semasa hidupnya.

Michael Jackson Become Moslem

Tapi hanya sedikit berita yang menceritakan tentang kisah perjalanan spiritualnya. Kabarnya Michael Jackson telah berubah keimanannya, yaitu beberapa waktu yang lalu jauh sebelum hari kematiannya, Dia telah memeluk agama Islam.

Awalnya saya sendiri kurang yakin akan berita keislaman si "King of Pop" Michael Jackson, karena melihat gaya hidupnya serta tempat dimana dia tinggal dan dibesarkan, yaitu Amerika Serikat (USA).

Tapi akhirnya ketika berita kematian sedemikian cepat menyebar ke seluruh dunia, saya mulai yakin bahwa Michael Jakson itu seorang muslim ketika salah satu anggota keluarganya memberikan keterangan Pers. Kemarin saya lihat di siaran CNN ketika Jermaine Jackson melakukan konfrensi pers, beliau sempat berkata dan berdoa dengan menyebut nama Allah. Dari sinilah saya meyakini kalau Michael Jackson ini telah memeluk Islam sejak beberapa waktu lalu, mungkin juga anggota keluarga Jackson lainnya.

Kontroversi Lagu "Give Thanks To Allah"

Disini saya tidak ingin membahas tentang keislamannya Michael Jackson lebih jauh. Tetapi ada satu hal lain yang juga menarik untuk dibahas dan menurut saya ini adalah cukup kontroversial yaitu mengenai lagu yang berhubungan dengan keislaman.

Konon kabarnya Michael Jackson pernah menyayikan sebuah lagu bernuansa Islam, atau mungkin yang pernah kita dengar sebagai nasyid. Ada sebuah lagu berjudul "Give Thanks To Allah" yang katanya dinyanyikan oleh Michael Jackson.

Kontroversi ini saya prediksi akan heboh pada hari-hari mendatang terutama setelah kematian sang legenda music pop, Michael Jackson. Mengapa?

Karena ketika saya mencoba untuk searching di Google dengan kata kunci "Give Thanks to Allah" maka yang muncul dari pencarian ini adalah bermacam-macam. Tetapi ada dua yang dominan dalam pencarian ini.

Kesatu memang ada banyak hasil pencarian yang menyatakan Lagu dan liriknya
"Give Thanks to Allah" dinyanyikan atau dibawakan oleh Michael Jackson, lalu kedua terbanyak adalah lagu dan lirik "Give Thanks to Allah" dinyanyikan oleh Zain Bhika, seorang penyanyi Nasyid.

Kemudian ketika pencarian dengan kata kunci yang sama
"Give Thanks to Allah" dilanjutkan ke You Tube, maka video terbanyak yang muncul pada hasil-hasil awal adalah masih sama dengan pencarian di Google.

Lalu saya mencoba untuk mendengarkan dan melihatnya dengan seksama, dan mencoba kembali mendengarkan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh si "King of Pop" Michael Jackson untuk membandingkan suaranya dengan lagu
"Give Thanks to Allah". Sekilas memang ada kemiripan suara antara lagu-lagu asli Micheal Jackson yang ada di album-albumnya terdahulu dengan suara lagu "Give Thanks to Allah".

Hasilnya saya cenderung mempercayai bahwa lagu tersebut bukanlah Michael Jackson yang menyanyikannya, tetapi Zain Bhikha lah penyanyinya.

Bagaimana menurut anda?

Atau kita tunggu berita ini heboh dulu, karena biasanya di negeri ini kalau ada heboh masalah multimedia akan ada ahli multimedia berbicara di tv untuk meyakinkan dan mengklarifikasinya, hehehe.

Mau lihat kedua versi videonya? ini dia dibawah ini.

Zain Bikha - Give Thanks To Allah




Michael Jackson - Give Thanks To Allah



Michael Jackson - Give Thanks To Allah (Metacafe-Youtube)


Michel Jakson / Give Thanks To Allah

No comments:

Post a Comment