26 June 2009

iPhone Mendapat Lawan Sebanding



INILAH.COM, Jakarta – Era ponsel pintar dengan prosesor secepat komputer telah datang. Operator Jepang menjadi yang pertama merilis ponsel dengan kecepatan 1GHz. Ponsel produksi Toshiba itu menjadi saingan berat iPhone.

Ponsel dengan kekuatan yang sangat kencang itu menggunakan chip ARM yang berjalan dengan kecepatan 1GHz. Saat ini chip yang digunakan pada ponsel terkenal semacam iPhone 3G S baru memiliki kecepatan 600MHz.

Ponsel Toshiba-Docomo 1GHz itu juga akan ditawarkan di luar Jepang. Ponsel yang menjalankan Windows Mobile 6.1 sejak awal didesain untuk mengalahkan iPhone.

Seperti sadar untuk mengalahkan iPhone tidak gampang, ponsel Toshiba itu didukung berbagai fitur mulai dari 3,5G HSPA, Wi-Fi, serta assisted-GPS. Kecepatan chip Qualcomm Snapdragon dipadukan dengan video high-definition (720p), graphics 3D, serta kamera 12 megapiksel. Ponsel ini juga menampilkan mobile broadcast TV.

Qualcomm Snapdragon telah menjadi pembicaraan sejak November 2007. Qualcomm bahkan merencanakan kecepatan tidak berhenti di 1GHz. Perusahaan di San Diego itu telah mendemontrasikan netbook yang menjalankan prosesor Snapdragon 1.3GHz. Kecepatan chip itu akan ditingkatkan menjadi 1.5GHz.

Tak hanya itu chip Qualcomm akan berevolusi menjadi dual-core yang berarti memiliki dua CPU. Tak hanya itu sudah koneksi 3,5G HSPA dengan kecepatan download hingga 28Mbps.

Netbook dengan chip Qualcomm itu disebut smartbook. Produk itu diposisikan sebagai jembatan antara smartphone dan netbook. Sama seperti smartphone, smartbook menyediakan akses ke internet melalui jaringan seluler.

Sejauh ini sudah 15 vendor termasuk Acer, Samsung, LG, HTC dan Asus yang komitmen akan mengembangkan smartphone atau smartbook Snapdragon. Qualcomm menyebut akan ada 30 produk Snapdragon sebelum akhir tahun ini.

"Smartbook mewakili langkah lebih maju dibandingkan fungsionalitas smartphone, Orang yang suka kemampuan e-mail BlackBerry akan tertarik dengan layar yang lebih besar dan mendapat keuntungan dari smartbook yang selalu terkoneksi," kata Bill Davidson, Vice President Senior Global Marketing Qualcomm..

Berkat konservasi teknologi yang diusungnya, smartbook tidak membutuhkan kipas pendingin. Hasilnya desain smartbook menjadi lebih ramping dan lebih indah. Kebanyakan smartbook akan memiliki berat kurang dari satu kilo dan ketebalannya kurang dari 20 millimeter.

Ponsel Toshiba ini bisa menjadi pesaing berat iPhone. Tak hanya sendiri, Toshiba didukung oleh Qualcomm yang menyediakan chip paling cepat. Selain itu untuk softwarenya menggunakan sistem operasinya Windows Mobile milik raksasa software Microsoft. [E1].

Sumber: inilah.com

No comments:

Post a Comment