28 August 2008

Penjelajah Dunia Asal Bandung Sudah Singgahi 66 Negara


Jakarta - Ingatkah seorang bernama Jeffrey Rony Polnaja yang 2 tahun lalu berangkat mengelilingi dunia menggunakan motornya? Pria asal Bandung ini tiba di Wina, Austria setelah mengarungi negara Eropa lainnya. Saat ini ia telah berhasil mengantongi 66 negara dalam penjelajahannya. Berslogan Ride for Peace, One Motorbike, One Peace, One Planet, Kang JJ, panggilan akrab Jeffrey, akan mengemban misi perdamaian dunia. Namun apakah hubungan antara mengendarai motor dengan misi perdamaian itu sendiri? "Di setiap negara yang saya kunjungi, saya mengadakan konferensi pers dan menyerukan perdamaian dunia. Dan seruan ini datang dari saya, orang biasa bukan pejabat, tentara atau siapa”, jelas Kang JJ. Menurut Kang JJ yang berusia 46 tahun ini, ide penjelajahan dunia menggunakan motor justru datang dari kedua anaknya, "Mereka nyeletuk mengapa dunia ini penuh dengan perang, padahal dunia ini cuma satu. Dan mereka mengatakan, saya harus melakukan sesuatu," kata Kang JJ. Sejak itulah Kang JJ mempersiapkan ekspedisinya ini selama 5 tahun, termasuk meninggalkan bisnis karet yang digelutinya. Hingga pada 23 April 2006 ia mengawali perjalanan panjangnya. Rencananya, Ride for Peace akan berakhir pada 2011 nanti. Lalu, bagaimana dengan keluarga? Menurut pria asal Bandung ini, ia beberapa kali bertemu dengan keluarganya di sela-sela perjalanannya. Di antaranya, saat ia di Singapura, China, dan Belanda. Buatnya, keluarga tentu khawatir, namun tidak berlebihan, karena ide ini juga datang dari istri dan 2 anaknya. "Pokoknya No news is good news lah buat keluarga," selorohnya. Dalam sisa 3 tahun ini, Kang JJ masih akan mengunjungi 44 negara lainnya, setelah seluruh negara Eropa telah rampung ia datangi. Perjalanan selama 2 tahun ini ternyata bukanlah perjalanan yang main main. Di dalam perjalanan, tak jarang Kang JJ menemui berbagai kesulitan saat harus berada di negara yang dirundung perang seperti Afghanistan dan Pakistan. “Saya mendengar bom dan deru senapan. Saya juga bertemu dengan para serdadu militer AS di sana. Dan saya hanya mengatakan saya pembawa misi perdamaian dunia," cerita Kang JJ. Sebagai pembawa misi perdamaian, Kang JJ juga mendapat fasilitas dan akomodasi dari KBRI setempat yang ia kunjungi. Lalu, apa rencananya saat kembali ke tanah air nanti? "Saya akan berbagi pengalaman dengan membuat sebuah buku. Dan dari perjalanan hingga kini saja, saya bisa yakinkan, Indonesia itu jauh lebih cantik, dan kita mempunyai semuanya," seru Kang JJ. Kamis (28/8/2008) ini, ia akan melanjutkan perjalanannya ke Bratislava, Slowakia. (sal/iy)

Sumber:
http://www.detiknews.com/read/2008/08/28/112338/996117/608/penjelajah-dunia-asal-bandung-sudah-singgahi-66-negara

No comments:

Post a Comment