28 August 2008

Masjid-masjid di Eropa

Beberapa waktu yang lalu dunia Islam cukup dikejutkan dan dihebohkan oleh beredarnya film Fitna buatan salah seorang anggota parlemen Belanda, Gret Wilders. Inti dari video tersebut adalah untuk menghambat laju pertumbuhan penduduk muslim dibenua Eropa, juga untuk menggambarkan dan membentuk opini publik dunia agar mereka berpandangan bahwa agama Islam itu mengajarkan kekerasan.

Hampir semua umat Islam tau bahwa Islam tidak mengajarkan kekerasan sperti yang digambarkan dalam film Fitna tersebut. Justru agama yang paling toleran dan mengatur segala hal tentang toleransi adalah agama Islam. Hal ini dengan sangat jelas diungkapkan dalam al Quran dalam beberapa ayat.

Ternyata dibalik gambaran negatif tentang Islam di benua Eropa dan Amerika, masih banyak pula yang bisa melihat dengan objektif mengenai ajaran Islam. Dan terbukti dengan semakin banyaknya orang-orang di kedua benua tersebut yang akhirnya mereka memeluk Islam setelah mempelajari dan memahami pokok-pokok ajaran Islam.

Kebanyakan dari mereka yang baru memeluk Islam (mualaf) adalah kalangan terpelajar, para ahli, dokter serta orang-orang yang berpendidikan tinggi lainnya. Inilah bukti bahwa agama Islam dapat diterima diberbagai kalangan. Dan mereka yang sudah memeluk Islam bercerita bahwa apa yang digambarkan selama ini tentang Islam banyak yang salah, khususnya di dunia barat.

Bukti ini juga dapat kita lihat dengan kasat mata apabila kita berkunjung ke kedua benua tersebut, terutama benua Eropa. Disana banyak terdapat masjid-masjid, baik yang sudah lama, ataupun yang baru didirikan, atau akan didirikan. Hal ini membuktikan bahwa agama Islam semakin berkembang di benua ini.

Berikut adalah masjid-masjid yang berada di benua Eropa

Great Mosque of Brussels. City : Brussels. Country: Belgium
Note: The original building was built to form the East Pavilion of the National Exhibition in Brussels in 1880.


Banya Bashi Mosque. City: Sofia Country: Bulgaria





Nusrat Jehan Mosque. City: Copenhagen. Country: Denmark


Grande Mosquée de Paris („La Mosquée de Paris“) City: Paris Country: France



Sumber Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_mosques_in_Europe


Masjid Linden Rein Tempat Silaturahmi, Geneva, Switzerland (Swiss)

No comments:

Post a Comment