27 August 2008

Ekonomi - PEMBAGIAN UNTUNG DAN HASIL

oleh: Ahmad Gozali
www.perencanakeuangan.com

Dikutip dari Wanita Indonesia No 970, 2008

Mas Ghozali,

Setelah tamat SMA. Saya di suruh menjaga toko sembako oleh kakak saya penghasilan sehari rata-rata 4 (5) juta, terus bagaimana cara mengambil keuntungan untuk saya setelah membayar bulan 800 rb. PAM 100 ribu. Listrik 200 ribu. Apakah itu seimbang dengan penghasilan nya. Terima kasih untuk jawaban yang diberikan Mas Ghozali.

Is, 22 th, Sragen, 08131620XXXX

Jawaban:

Senang sekali mendapatkan email dari Anda dan saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai hal yang sebaiknya dilakukan. Apa yang Anda kerjakan saat ini sudah sangat bagus sekali, setelah lulus SMA yang biasanya langsung meneruskan kuliah tapi Anda malah sudah bekerja menjaga toko milik kakak. Bagusnya, Anda bisa mendapatkan pengalaman dalam bekerja daripada teman-teman Anda lainnya.

Untuk awal bekerja, penghasilan yang diterima bukanlah hal utama untuk dipertimbangkan atau sebaiknya tidaklah perlu terpaku pada berapa nilai nominal yang Anda peroleh saja, tapi kesempatan yang Anda peroleh dalam bentuk lainnya adalah pertimbangan yang lebih berharga lagi. Pengalaman adalah sesuatu yang sangat tak ternilai, karena hal itu tidak akan didapatkan dibangku sekolah maupun bangku kuliah. Seperti Anda mendapatkan pengalaman bekerja, membuat pembukuan sederhana dari keluar masuknya barang di toko, kemampuan menghadapi pelanggan dan lain sebagainya yang tentunya hal tersebut sangat besar manfaatnya.

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa diambil oleh kakak Anda untuk membayar Anda. Pertama adalah dengan sistem gaji saja. Dimana Anda hanya memperoleh gaji sekali saja dalam sebulan yang nilainya sesuai dengan hasil rembukan antara Anda dan kakak. Kedua, bagi hasil atas besarnya penghasilan dari usaha yang diperoleh. Misalnya dengan sistem 20:80, 30:70 dan lain nya. Karena Anda dalam usaha tersebut hanya memberikan sumbangsih berupa waktu dan tenaga saja dalam usaha tersebut, jadi tentunya Anda hanya memperoleh bagi hasil yang lebih kecil. Dan terakhir kombinasi dari kedua cara diatas. Mana yang lebih baik untuk diterapkan? Ini perlu dilakukan rembukan dengan kakak Anda. Tapi biasanya yang lebih menarik sih pakai cara terakhir, dimana Anda tetap mendapatkan gaji pokok dan akan mendapatkan tambahan penghasilan kalau toko yang Anda kelola semakin ramai pengunjung.

Memang sih, Anda berhak kok mendapatkan gaji yang sesuai dengan apa yang Anda lakukan saat ini. Tapi tentu dong harus disesuikan dengan penghasilan yang diperoleh toko tersebut. Saya sendiri tidak dapat menghitungkannya untuk Anda karena datanya kurang lengkap, kita juga harus menghitung berapa biaya pembelian untuk menentukan hasil bersih dari usaha tersebut. Dan besarnya gaji yang Anda peroleh janganlah hanya dilihat dari satu sisi saja, tapi ada sisi lain yang lebih berharga yang akan Anda peroleh seperti pengalaman kerja.

Semoga memberikan pencerahan untuk Anda dalam membantu mengambil keputusan.

Salam.
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan


Sumber dari milis SSR Syariah di Yahoo Groups

No comments:

Post a Comment