21 September 2016

Wisata Jepang - Takayama dan Shirakawa-go


Salah satu lokasi wisata yang ramai dikunjungi para traveler beberapa tahun terakhir ini adalah Shirakawa-go. Sebenarnya tempat apakah Shirakawa-go ini?
Mari kita bahas sedikit tentang salah satu objek wisata andalan di Jepang ini, Shirakawa-go.

Shirakawa-go adalah desa yang dikenal dengan keunikan bentuk rumah tradisionalnya yang disebut Gassho-Zukuri, menjadi salah satu World Heritage Site UNESCO. Jepang memiliki banyak UNESCO Heritage site, tetapi Desa Shirakawa-Go merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Jepang.

Sungai Shokawa di Shirakawa-go

Shirakawa-go ini terletak di lembah sungai Shokawa (Desa Shirakawa) di perbatasan Prefektur Gifu dan Prefektur Toyama di wilayah Tokai-Hokuriku, Honshu. Shirakawa-gō (白川郷, "Distrik Sungai Putih") berlokasi di Desa Shirakawa di Prefektur Gifu.


Pose dengan di lokasi yang sering menjadi icon promosi Shirakawa-go
 Transportasi menuju Shirakawa-go.

Jika akan menggunakan kereta api, kita bisa pilih dengan menggunakan jalur Tokaido-Sanyo Shinkasen hingga Nagoya Station dan kita harus pindah kereta lagi di Stasiun Nagoya ini (masih jaringan JR). Waktu tempuh dengan menggunakan Shinkasen dari Tokyo hingga Nagoya adalah sekitar 1 jam 35 menit dan melalui 3 pemberhentian, yaitu Shinagawa Station, Shin-Yokohama Station dan terakhir di Nagoya Station. Selanjutnya kita harus pindah jalur di Nagoya Station ini untuk menuju Platform 11 dan masih menggunakan kereta milik JR, yaitu JR Hida Takayama, waktu tempuh dari Nagoya Station menuju Takayama Station adalah sekitar 2 jam 20 menit dengan 4 kali pemberhentian.

Peta jalur Shinkasen menuju kota Takayama.

Jika kita sudah tiba di kota Takayama pada siang hari sebaiknya jangan langsung menuju Shirakawa-go, karena tidak akan cukup waktunya untuk kita meng-explore Shirakawa-go.
Untuk jalan paling pagi, asumsi perjalanan dari Tokyo kita berangkat jam 05.00 pagi (start dari Tokyo Station) dan baru akan tiba di kota Takayama sekitar jam 10.00 pagi.

Hal ini masih mungkin jika kita paksakan mengunjungi Shirakawa-go pada hari yang sama, dengan catatan kita sudah booking atau sudah reservasi perjalanan dari Takayama ke Shirakawa-go dengan menggunakan bis. Biasanya setiap bis yang akan ke Shirakawa-go memang memiliki shelter pemberhentian di sekitaran Takayama Station.

Saran saya, jika kita termasuk tipe traveler yang agak santai dan tidak terlalu strict dengan jadwal, maka kita bisa berangkat agak siang dari Tokyo. Shinkasen menuju Nagoya berangkat setiap satu jam sekali (60 menit) dan mulai ada sejak jam 05.00 pagi.

Andai kita berangkat jam 08.00 dari Tokyo, maka akan tiba di kota Takayama sekitar jam 01.00 siang, kita bisa manfaatkan waktu siang tersebut untuk sedikit meng-explore kota Takayama ataupun langsung Check in di penginapan atau hotel kita, baru esok harinya bisa kita mulai perjalanan menuju Shirakawa-go sejak pagi hari.

Waktu tempuh dari kota Takayama menuju Shirakawa-go adalah sekitar 45 menit. Dalam perjalanan ini kita akan melewati beberapa terowongan yang menembus perbukitan perfecture Gifu, sebuah perjalanan dengan pemandangan yang cukup menarik tentunya.

Bus yang membawa rombongan kami dari Takayama menuju Shirakawa-go
Pada waktu saya berkunjung ke Shirakawa-go saya mengambil paket tour lokal di Takayama yang satu paket dengan penginapan satu malamnya. Harga Paket ini adalah 4.900 JPY, isi paket adalah menginap satu malam di hostel ini dengan Dormitory Style, Satu kamar yang saya tempati adalah berisi 3 buah bunk bed, yang mana pada setiap bed, baik atas atau bawah disediakan power outlet terminal untuk kita melakukan charging gadget dan sebuah lampu baca. Sementara untuk fasilitas hostelnya ini disediakan juga lift untuk naik turun para pengunjungnya.


Peta lokasi Jhoppers Takayama

Papan petunjuk Shirakawa-go yang berada di salah satu sudut parkiran kendaraan


Tangga menuju Jembatan gantung di Shirakawa-go


Lokasi parkir kendaraan pengunjung Shirakawa-go


Salah satu kolam dan taman di sebuah rumah di Shirakawa-go

Suasana jalan desa di Shirakawa-go

Suasana Desa Shirakawa-go saat hujan turun

Jembatan gantung untuk menyeberangi Sungai Shokawa di Shirakawa-go


Rumah Gasso Zukuri di Shirakawa-go


Salah satu sudut dengan rumah khas Shirakawa-go


Bersama Tour Guide Local, Mr. Yamamoto

Atap rumah yang khas di Shirakawa-go






2 comments:

  1. Mas satria, untuk pesan penginapan di takayama yg include tour ke shirakawago booking nya gimana ya? Apakah ada bus umum ke shirakawago tanpa kita ikut tour lokal. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Untuk Tour Local di Takayama ada beberapa, salah satunya yang paling populer dipake traveler dari Indonesia adalah Jhoppers. Bahkan ada paket tournya seharga 4.000 JPY sudah include penginapan 1 malam dan Half One Day Tour Shirakawago juga.

    ReplyDelete