06 September 2016

Wisata Jepang - Cara Hemat Bermalam di Tokyo

Seperti banyak kita ketahui bersama dan dalam pemahaman yang masih umum diyakini adalah bahwa untuk berwisata atau traveling ke luar negeri akan selalu membutuhkan biaya yang cukup besar terutama untuk biaya penginapan dan juga ticket pesawat kita. Begitu juga saat kita memiliki rencana traveling ke Jepang, khususnya saat di ibukota negara tersebut yaitu, Tokyo.

Sebuah kekhawatiran yang wajar, mengingat memang kabarnya kota Tokyo ini termasuk salah satu kota dengan biaya hidup yang mahal diantara kota-kota dunia lainnya. Hal ini juga termasuk kepada penginapan-penginapannya atau hotel-hotel yang bagus dan layak bagi para traveler dunia. 

Sebagai perbadingan dengan harga hotel atau rate per malamnya, jika di Jakarta kita bisa mengeluarkan biaya sekitar 400-600 ribu untuk sebuah kamar dengan single bed besar di hotel-hotel kelas budget, maka di kota Tokyo ini, jika kita tetap ingin merasakan dan menikmati kelas hotel-hotel budget di Jakarta, maka biaya yang akan kita keluarkan bisa menjadi dua kali lipatnya atau bahkan tiga kali lipatnya atau dikisaran harga 1 jutaan rupiah untuk per malamnya. Cukup mahal bukan?

Sementara rata-rata para traveler, khususnya dari Indonesia, mereka biasa bermalam di kota Tokyo minimal 2 malam hingga 4 malam, karena cukup banyak tempat dan lokasi yang dapat dikunjungi dikota ini, mulai dari taman kota, pusat perbelajaan, kuil-kuil dan berbagai icon menarik kota Tokyo lainnya, semuanya menarik untuk di datangi dan dirasakan suasananya, apalagi bagi orang yang pertama kali berkunjung ke Tokyo.

Lantas apakah kita akan tetap bisa berhemat untuk budget penginapan kita di kota Tokyo? Tentu saja masih bisa, karena masih banyak cara dan pilihan untuk menghemat budget penginapan kita tersebut. Saat ini sudah semakin mudah untuk merencanakan perjalanan traveling kita, termasuk dalam hal mencari penginapan yang hemat dan aman untuk budget traveling kita.

Diantara cara-cara yang ada untuk mencari penginapan ramah budget traveling kita adalah dengan memilih hotel budget dan hostel serta apartemen sewa yang bisa kita jadikan opsi penginapan kita selama traveling di kota Tokyo atau mungkin kota-kota lainnya di negeri Sakura ini. Semua opsi atau pilihan ini sudah bisa kita cari sejak kita masih berada di dalam negeri, caranya dengan melakukan pemesanan (booking) secara online.

Sudah banyak sekali website atau aplikasi mobile yang dapat membantu pencarian hotel dan penginapan kita untuk seluruh dunia, tentu juga untuk Jepang salah salah satunya. Berikut adalah web dan aplikasi mobile yang biasa saya gunakan untuk memesan hotel, diantara adalah www.airbnb.com dan www.hostelworld.com.

Airbnb adalah sebuah aplikasi berbasis web khusus untuk property-property pribadi yang disewakan kepada umum dalam hal ini para traveler. Yang dimaksud property-property pribadi disini adalah mulai dari unit apartemen, rumah, hingga kamar-kamar dalam sebuah rumah yang memang khusus didesain untuk disewakan kepada pihak lain melalui airbnb sebagai jasa untuk mempertemukan antara penyewa dan pemilik property tersebut.

Saat saya traveling ke Tokyo saya menggunakan pemesanan online melalui airbnb. Dan saya dapatkan harga termurah di angka 17 USD per malam, saya ambil untuk 2 malam, jadi saya bayar 34 USD atau sekitar 400 ribuan untuk harga menginap 2 malam di kota Tokyo. 


Lokasi Penginapan Shinjuku Happy House

Toilet di Shinjuku Happy House
Kemudian pasti timbul pertanyaan seperti apakah tempatnya? Karena saya tidak terlalu mementingkan kenyamanan yang tinggi untuk penginapan, maka saya merasa dengan harga yang saya bayar sudah cukup untuk fasilitas yang saya dapatkan. Fasilitas tersebut adalah sebuah rumah dengan satu kamar besar yang di isi dengan 8 dorm bed, sebuah kamar mandi dan sebuah toilet serta ada fasilitas mini kitchen dan juga ada free wifi. Cukup layak bagi saya untuk sekedar beristirahat dan bermalam di kota Tokyo.


No comments:

Post a Comment