27 October 2009

Inilah Cara Tepat Sajikan Teh


VIVAnews - Kebiasaan minum teh memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Setelah makan untuk melegakan tenggorokan kita mungkin lebih sering minum dengan teh dibandingkan air putih. Bahkan ada juga yang membawa air teh dalam botol untuk bisa dibawa kemana saja.

Teh selain memiliki rasa yang nikmat juga banyak manfaat. Antara lain menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan risiko penyakit kanker, kardiovaskular, mencegah serangan stroke, menurunkan berat badan serta meningkatkan stamina. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika mengonsumi daun teh berkualitas dan disajikan dengan benar.

Penyajian teh yang benar adalah dengan menyeduh teh tidak lebih dari 3 menit dan tidak membiarkan daun teh terendam lebih lama dari waktu tersebut. Dengan cara tersebut akan didapatkan kenikmatan rasa serta khasiat teh secara optimal. Selain itu kualitas air juga mempengaruhi kualitas seduhan teh. Air yang berkualitas baik adalah air dari mata air pegunungan.

Untuk mendapatkan manfaat teh secara maksimal sajikanlah teh dengan benar. Caranya yaitu dengan :

1. Menggunakan air yang berkualitas. Khasiat, rasa dan warna seduhan teh juga dipengaruhi oleh air yang digunakan, karena itu disarankan untuk menggunakan air yang berkualitas baik.

2. Seduh daun teh jangan terlalu lama, cukup selama 3 menit dan tiriskan. Takaran daun teh yang dipakai dapat disesuaikan dengan selera Anda. Apabila ingin mendapatkan rasa yang lebih pekat, tambahan takaran daun tehnya.

3. Nikmati sajian teh sesegera mungkin, sewaktu masih hangat.

4. Usahakan untuk minum teh tanpa gula atau pemanis lainnya.

5. Simpanlah daun teh dalam wadah yang kedap udara agar daun teh tetap kering dan untuk menjaga aroma dan citarasanya.

sumber: Vivanews

No comments:

Post a Comment